Tuesday 19 May 2015

Khasiat Super Dari Madu Untuk Pertumbuhan Anak

Khasiat Super Dari Madu Untuk Pertumbuhan Anak
Khasiat Super Dari Madu Untuk Pertumbuhan Anak


Pernahkah anak anda meminta sesuatu yang manis, Permen atau coklat misalnya? Memang rasa yang paling di sukai anak adalah rasa manis, manisnya menjadi anak kecil. rasanya tidak mungkin anak anda dapat menolak makanan manis yang memanjakan lidahnya walaupun tidak baik juga untuk kesehatan giginya. Tapi tenang, ada satu alternatif bahan makanan manis menyehatkan yang tentu akan disukai si Kecil, yakni madu. Madu untuk anak usia satu tahun ke atas adalah pemanis yang terbaik untuk masa tumbuh kembang mereka.

Madu adalah salah satu bahan makanan manis yang sangat lezat dan memiliki banyak kandungan gizi bagi anak usia 1 tahun ke atas, pemberian madu secara teratur terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak dan juga menambah nafsu makannya.  Berikut ini beberapa manfaat lain dari madu anak untuk usia satu tahun yang akan membantu memenuhi asupan gizi :

1. Pemanis alami

Ketika anak mengonsumsi gula, kandungan sukrosa dan glukosa dalam gula akan masuk ke dalam aliran darah. Hal itu menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat dengan cepat. Sedangkan madu memiliki fruktosa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Sehingga menggunakan madu sebagai pengganti gula dalam makanan si Kecil akan membuatnya mendapatkan energi untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Mengandung asam amino dan antibiotik

Madu mengandung asam amino esensial yang baik bagi tumbuh kembang fisik anak. Madu juga mengandung antibiotik yang aktif yang akan menambah daya tahan tubuh anak anda.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Madu terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan setelah sakit. Dan ada sebuah Penelitian yang menjelaskan bahwa madu dapat menjadi pembanding pada luka yang diolesi madu dan luka yang tidak diolesi madu. Luka yang diolesi madu lebih cepat sembuh dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

4. Mengobati batuk

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk pada anak. Kandungan dalam madu akan meredakan peradangan yang terjadi dalam tenggorokan dan juga meminimalkan rasa sakit dan kesulitan untuk menelan pada saat batuk.

Untuk mendapatkan asupan gizi anak yang maksimal dari madu, pilihlah madu yang tidak hanya memberi rasa manis, namun juga memberikan nutrisi lengkap untuk anak dan yang jelas harus aman untuk dikonsumsi untuk anak usia di atas satu tahun.

Walaupun madu dapat digunakan sebagai penambah asupan gizi anak, Ibu sebaiknya memerhatikan beberapa hal penting.  Madu hanya boleh diberikan pada anak satu tahun ke atas sebab pemberian madu pada anak usia di bawah setahun dapat menimbulkan reaksi alergi yang disebabkan oleh endospora aktif dari spesies bakteri yang dikenal sebagai Clostridium botulium yang dikandung oleh madu secara alamiah. Endospora ini dapat menganggu pencernaan bayi yang masih lemah. Jadi, jangan berikan madu pada balita dibawah usia 1 tahun.

No comments:

Post a Comment